Smile For The Future =)

Ada rasa haru dan senang dalam diri saya hari ini. Sebenarnya bukan hanya hari ini, tetapi sejak beberapa hari yang lalu, ketika proposal ide saya untuk #Beranimengubah masuk menjadi salah satu dari 25 ide lainnya yang dipilih oleh juri.

Sebelum saya bercerita lebih lanjut, mungkin saya ingin menjelaskan apa itu project #Beranimengubah. #Beranimengubah adalah program yang diprakarsai oleh Pandji Pragiwaksono dan disponsori oleh Coca Cola Indonesia untuk mengubah Indonesia menjadi lebih baik lagi dalam lima bidang (seni budaya, lingkungan, pendidikan, pemberdayaan ekonomi, dan gaya hidup/kesehatan). Setiap orang bebas memberikan ide-ide-nya terkait 5 bidang tersebut dan para juri akan menentukan 5 ide terbaik (1 untuk setiap bidang) untuk diwujudkan dengan dana 15 juta.
Gue mungkin salah seorang yang baru saja muncul nasionalisme-nya belakangan ini. Dan gue sangat ingin melakukan sesuatu untuk Indonesia. Dan gue sangat peduli dengan depresi. Gue ingin melakukan sesuatu untuk Indonesia terkait dengan kesehatan mental dan depresi. Gue ingin sebisa mungkin meminimalisir jumlah orang yang mengalami depresi. Kenapa?

I’ve been there. I’ve been there where I feel death is better than living. I know how it feels to live your day in a gloomy mood. I know how it feels when crying does not help anymore. I know how it feels when friends getting tired and I have no energy to make them stay.
Gue tahu. Dan gue ingin menjadi seperti teman-teman gue yang stay di samping gue kemarin ini. Gue ingin melakukan itu untuk teman-teman lainnya yang mungkin merasakan apa yang sempat gue rasakan kemarin ini. Depresi iu bukan penyakit. Depresi bukan ga bisa dihilangkan.
Man, I know how does hopeless taste like. Tapi, percaya, ada kok harapan. Gue ingin mengajak untuk melihat harapan itu, dan ingin mengajak teman-teman membuat harapan itu tercapai.
Gue peduli, dan kepedulian itu mungkin awalnya diwujudkan dalam bentuk kecil; skripsi. Skripsi gue meneliti tentang lingkungan sosial pada mahasiswa yang mengalami depresi. Gue ga bisa bilang skripsi gue segitu indahnya juga, belum sempurna tentu hehe. Tapi, saran dari skripsi gue adalah harapan gue, bahwa adanya pengetahuan dan pemahaman lebih di masyarakat dalam menangani depresi… mencegah malah kalau bisa.
Dan saran inilah yang sedang gue wujudkan.
Gue senang, karena dulu gue tidak menyerah. Gue senang, karena akhirnya kelemahan yang gue miliki sedang dalam proses untuk menjadikan orang banyak lebih sehat lagi.
Saat ini gue sudah menjadi finalis (10 besar). Wish me luck yah supaya rancangan project-nya bisa masuk 5 besar dan diwujudkan =D
Project ini akan gue namakan “Smile For The Future” =)
P.S.: tuh kan… skripsi itu bisa jadi bukan cuma formalitas atau tiket lulus semata ;D
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s