19 Februari 2012 – Mentoring #2 Program #BeraniMengubah =)

Baiklah… Semoga postingan kali ini bisa terupload dan dibaca dengan baik. Mungkin saya akan menambahkan gambar-gambar nanti. Percaya atau tidak, ini saya tulis dan post dari HP saya berhubung layanan internet sangat mengecewakan bulan ini hehehe.

Mentoring kedua #BeraniMengubah pada tanggal 19 lalu sangat menambah wawasan terkaitprogram #BeraniMengubah sendiri dan Coca Cola sebagai mitra kerja sama. Kalau dulu saya sempat berpikir ini adalah CSR Coca Cola, sekarang pemahaman saya berbeda. Program ini terkait dengan program Live Positively milik Coca Cola. Saya sendiri sangat menyukai filosofi yang ada di balik semua pemikiran, ide, program kegiatan Coca Cola. Semua hal yang dilakukan Coca Cola memiliki dasar pemikiran yang matang. Mba Ruri menjelaskan semuanya dengan sangat baik! Saya sendiri sangat ‘wah’ dengan bagaimana plastik bekas coca cola dikelola (kalau masih oke maka akan digunakan lagi, kalau sudah tidak bisa digunakan lagi akan dijadikan bahan kaos atau tas atau hal lain).

Kemudian sesi presentasi dimulai! Presentasi kali ini adalah presentasi program milik Damar terkait pemberdayaan ekonomi. Program Damar adalah terkait Dapur Kita. Menurut saya, program ini KEREN! Dapur kita bukan cuma tentang masak dan makan bersama untuk masyarakat menengah ke bawah. Program ini memiliki tujuan yang lebih jauh yakni membuat masyarakat menjadi lebih mandiri dalam menghidupi diri mereka. Jadi, masyarakat yang terlibat pada akhirnya akan mampu untuk mengelola warung mereka sendiri. Sejauh ini, konsep kegiatannya menurut saya sudah baik. 😀

Selain itu, di mentoring kali ini terdapat 2 guest mentor; Mas Doge (Sanggar Anak Akar) dan Mas Dondi (Kinara). Mas Doge sangat memberikan gambaran kondisi lapangan terkait pendidikan di sanggar, tantangan yang ada di lapangan. Saya rasa Damar sangat terbantu dengan gambaran situasi lapangan yang akan dihadapi, apa saja kebutuhan masyarakat menengah ke bawah hingga pola pikir mereka. Sedangkan dari Mas Dondi, saya mendapatkan pengetahuan-pengetahuan baru terkait social enterprises. Salah satu hal yang sangat berguna bagi program kita adalah penjelasan Mas Dondi terkait 4 sumber daya; hibah (dalam hal ini kita sudah mendapatkan hibah 15juta dari Coca Cola), pinjaman (catatan: make sure sejak awal apakah itu hibah atau pinjaman, kapan harus dikembalikan, berapa bunganya), investasi (butuh pembuktian konsep), voulunteer.

Besok adalah mentoring ketiga! Gak sabar ilmu apa lagi yang besok akan saya dapat. Dan tentunya gak sabar denger presentasi program serunya Kojek! Jadiiii, tunggu sharing saya berikutnya yaaaa 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s